Jalan-jalan ke Kota Pati? Jangan Lupa Nikmati Kuliner khas-nya

Melancongyuk - Plesiran ke Pati, Jawa Tengah tidak lengkap rasanya jika melewatkan kulinernya. Jika Yogyakarta dikenal dengan gudegnya, pati juga punya sego gandul sebagai makanannya. Selain itu, Sahabat juga wajib mencicipi deretan kuliner lainnya. Apa saja?

Sego gandul
  

Sego gandul adalah persilangan antara soto dan gule. Nasi gandul memang lebih nendang dan mlekoh rasanya. Sajian ini merupakan kombinasi dari dua masakan yang masing-masing dimasak dengan bumbu sangat kaya rempah. Elemen pertama adalah empal daging sapi (juga termasuk jeroan) yang dimasak dalam bumbu-bumbu harum, kemudian digoreng sebentar. Empalnya sudah gurih bila dimakan begitu saja

Elemen kedua adalah kuah santan yang juga sangat gurih. Rasa jintan dan ketumbar mencuatkan citarasa gulai atau kari India. Sedangkan lengkuas dan bawang putih mewakili unsur-unsur soto yang populer di Jawa. Diperkaya dengan bumbu-bumbu lain, diikat dengan santan yang membuatnya sungguh mak nyuss.

Sego Tewel

 
Sego Tewel, jadi salah satu kuliner khas Kota Pati. Kuliner satu ini bisa dibilang kuliner sederhana. Terdiri dari sayur nangka muda atau poular disebut tewel. Menikmati satu porsi sego tewel, biasanya dilengkapi dengan tambahan kerupuk, tempe goreng dan dihidangkan dengan alas daun jati.

Soto Kemiri


Hampir di seluruh wilayah Indonesia, memiliki sajian soto khas-nya masing-masing. Begitu juga dengan di Pati, ada soto kemiri sebagai salah satu kulinernya. Di dalamnya terdapat daging ayam suwir dan tauge disajika ke dalam mangkuk kecil yang berisi nasi putih. Kemudian disiram dengan kuah kemiri.

Petis Runting

 
Kemudian ada petis runting, asalnya dari Desa Runting, Pati, Jawa Tengah. Meski nama makanan ini petis, tidak ada menggunakan petis sebagai baan utamanya. Hidangan satu ini, yaitu olahan daging kambing muda yang dimasak hampir mirip dengan gulai.

Bahan-bahan utama untuk membuat petis runting, yaitu daging kambing muda. Untuk kuahnya menggunakan tepung beras, sehingga kuahnya jadi sedikit kental.

Related Posts

Jalan-jalan ke Kota Pati? Jangan Lupa Nikmati Kuliner khas-nya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.