Serba-Serbi 5 Masjid Paling Inspiratif di Eropa

Melancongyuk - Dalam perjalanan ke seantero benua biru, Eropa, penulis sempat berkunjung ke banyak masjid, baik yang megah dan besar sampai yang kecil tersembunyi di bawah tanah.

Berikut adalah 5 masjid yang dipandang paling memberikan inspirasi, yuk kita simak sama-sama:

1. La Grande Mosquee de Paris, Perancis

Masjid terbesar di Paris, ibu kota Perancis ini sangat indah dengan arsitektur Maroko yang kental dan terletak tidak jauh dari Stasiun Metro Place Mongo.

Menurut sejarah masjid ini dibangun pada 1926 sebagai ucapan terimakasih kepada tentara Perancis beragama Islam yang turut berperang melawan Jerman pada Perang Dunia Pertama.

Namun kisah paling inspiratif dari masjid ini adalah pernah dijadikan tempat persembunyian dan perlindungan bagi kaum Yahudi pada saat masa Nazi berkuasa. Konon, di tempat ini, orang Yahudi dilindungi dengan menyamar sebagai orang Islam
.
2. Vienna Islamic Centre. Austria

Masjid sekaligus Islamic Centre ini terletak di tepian Sungai Donau atau Danube yang indah dan romantis. Seromantis lagu walsa yang digubah Strauss "An der schönen blauen Donau' atau Blue Danube.
Kalau kita bekunjung kesini di musim panas, pemandangan di sungai Donau ini sangat indah dan cukup naik metro ke stasiun Neue Donau. Masjid ini diresmikan oleh presiden Austria pada 20 November 1979 bertepatan 1 Muharram 1400 H.

Masjid ini selain indah juga terkenal dengan toleransinya terhadap perbedaan sehingga setiap bulan Ramadhan diadakan dua teraweh.Di lantai atas untuk mereka yang shalat tarawih plus witir 11 rakaat dan di lantai bawah untuk yang 23 rakaat.

3. Moscow Cathedral Mosque , Russia

Sebuah masjid tua yang pertama kali dibangun pada kahir abad 19 dan diresmikan pada 1904. Namun masjid ini kemudian dibangunkan kembali pada sekitar 2008 sehingga menjadi masjid terbesar di Russia dan mungkin di Eropa dan diresmikan oleh Presiden Putin pada 2015.

Begitu indah dan megah. Namun yang menjadikannya penuh inspirasi bukanlah keindahannya melainkan sejarah dan semangatnya. Masjid ini pernah mau diratakan dengan tanah pada akhir 1970an karena berada di dekat kompleks stadion untuk Olympiade Moskwa tahun1980. Hanya keajaiban yang bisa menyelamatkannya.

Masjid ini juga menjadi satu-satunya masjid di Uni Soviet yang tidak pernah ditutup oleh pemerintah komunis. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stadion Olympiade dekat stasiun metro Prospekt Mira yang berarti Jalan Perdamaian.

4.Islamische Zentrum Hamburg, Jerman

Masjid ini merupakan masjid Syiah tertua di Jerman dan juga di Eropa yang dibangun pada tahun 1950-an. Selain itu masjid yang memiliki nama resmi Masjid Ali ini juga terkenal dengan julukan Masjid Biru karena warna biru indah yang mendominasi bangunan ini.

Letaknya agak jauh dari pusat kota, di pemukiman yang tenang yaitu di dekat danau Alster dan beralamatkan di Schone Aussicht no 36 alias Jalan Pemandangan Indah. Bisa dicapai dengan naik kendaraan umum yaitu bus M 6 dari Hamburg Hauptbahnhof dan turun di Zimmerstrasse.

Yang menjadi inspirasi dari masjid Syiah ini adalah kepeloporan orang Iran menyebar ke Eropa sehingga dianggap sebagai perwakilan Islam di Jerman. Terlepas dari perbedaan pendapat dan kontroversi tentang aliran Syiah sendiri.

5. Masjid Bawah Tanah di Athena, Yunani

Foto di atas adalah sebuah masjid yang sekarang sudah menjadi museum di pusat kota Athena. Di Athena sangat sulit menemukan masjid sehingga setelah mencari dengan berjalan kaki cukup lama kami berhasil menemukannya di kompleks perumahan di bawah tanah sebuah apartemen berlantai empat atau lima.

Yang menjadikannya penuh inspiratif adalah kita harus menjadi marbot sendiri di masjid ini termasuk mematikan lampu. mengunci dan menutup kembali rolling door serta memastikan masjid dalam keadaan rapih sebelum meninggalkannya setelah sholat.

Demikian lima masjid dari Athena hingga Vienna yang bisa dijadikan inspirasi selain keindahan bentuk dan arsitekturnya yang menawan.

Taufikuieks

Related Posts

Serba-Serbi 5 Masjid Paling Inspiratif di Eropa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.