Dua Kuliner Aci Khas Sukabumi Ini, Bikin Nagih saat Dikunyah

Melancongyuk - Kuliner berbahan dasar aci (tepung kanji) belakangan ini sedang tren di kalangan masyarakat. Cilok misalnya, penjualnya sudah menjamur di mana-mana. Selain itu, ada kuliner khas Sukabumi berbahan dasar sama yang harus Sahabat sporto coba. Ini dia dua di antaranya.

Teci


Teci, singkatan dari sate aci. Seperti namanya, makanan ini rasanya benar-benar serupa dengan sate. Lezat dan gurih. Namun, yang membedakannya adalah teci tidak dibakar, melaikan hanya diberi bumbu sate (kacang yang dihaluskan). Teci juga tidak ditusuk, tapi berupa potongan aci yang telah diolah sebelumnya.

Bahan-bahannya cukup sederhana. Sahabat Sporto hanya cukup menyiapkan aci kawung (sagu aren), garam, penyedap rasa, dan air. Sedangkan untuk bumbunya, kacang tanah, bawang putih, garam gula pasir, cabai (meurut selera).

Cakwe dan kroket biasanya jadi makanan pendamping untuk menyantap makanan satu ini. Saat bulan puasa tiba, teci jadi salah satu menu berbuka saat adzan magrib tiba.

Ciwang

 
Ciwang sebenarnya singakatan dari "aci bawang", makanan ini hanya bisa Sahabat Sporto jumpai di Sukabumi. Tekstur makanan ini kenyal dan lembut ketika dikunyah.

Cara membuat ciwang cukup mudah, bahannya pun sederhana. Di antaranya ada aci kawung atau tepung sagu, air, garam, dan bawang goreng sebagai penambah aroma dan rasa. Semua bahan-bahan tersebut dicampur, kecuali bawang goreng.

Aduk merata di atas api kecil hingga kenyal. Angkat lalu tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan di ruang terbuka hingga membeku. Setelah membeku potong-potong dan taburi bawang goreng. Rasanya gurih, juga bisa sebagai pengganjal perut saat lapar.

Related Posts

Dua Kuliner Aci Khas Sukabumi Ini, Bikin Nagih saat Dikunyah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.