Curug Lawe Semarang


Semarang, selain di kenal dengan kota Atlas,  ternyata menyimpan beberapa tempat wisata alam yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Curug Lawe yang merupakan air terjun dengan pemandangan alam yang begitu indah. Traveller bisa melihat secara langsung melihat sebuah air terjun yang jatuh pada cekungan dengan aliran air yang cukup deras.

Curug Lawe sendiri namanya di ambil dari bahasa jawa yang yaitu “selawe” yang artinya adalah angka 25. Konon air terjun Curug Lawe sendiri berjumlah 25 buah, bayangkan saja traveller, betapa banyaknya air terjun yang berada di lereng Gunung Ungaran ini. Ada juga yang mengatakan bahwa Lawe berarti benang putih, karena menurut orang sekitar dan traveller yang pernah kesini, pemandangan air terjun yang jatuh ke bawah terlihat putih seperti benang yang terurai, sehingga banyak masyarakat sekitar menyebutnya lawe.

Untuk menuju ke Curug Lawe, traveller bisa melakukan perjalanan ke lereng Gunung Ungaran menuju Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat yang termasuk wilayah Kabupaten Semarang. Perjalanan bisa di tempuh dari kota semarang selama setengah jam atau 12 kilometer dari kota semarang. Curug Lawe sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari Curug Benowo.
Pada saat awal memasuki area Curug Lawe, traveller akan melewati sebuah sungai irigasi yang didalamnya mengalir air bersih yang jernih menuju sawah-sawah. Traveller juga akan melewati jembatan dari besi yang berwarna merah. Lokasi ini sangat cocok bagi traveller yang ingin mengambil moment seperti berfoto, karena landscapenya yang begitu indah. Perjalanan trekking memang harus traveller lalui untuk menuju curug lawe, mulai dari tanjakan dan turunan dengan jalan terjal berliku cukup untuk membayar keindahan Curug Lawe.

Setelah sampai di Curug Lawe, traveller akan melihat semua pemandangan alam berhias Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Udara yang sangat sejuk dengan nuansa pepohonan yang rindang dan hijau akan membuat mata traveller semakin terpukau. Rasa letih setelah perjalanan menuju curug lawe akan terbayar.

Selain Curug Lawe, traveller juga bisa mampir ke Curug Benowo dan Sendang Pengantin yang jaraknya tidak terlalu jauh. Dengan berjalan kaki kurang lebih selama setengah jam, traveller bisa melihat keindahan alam lainnya di sekitar Curug Lawe tersebut.

Related Posts

Curug Lawe Semarang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.