Karst Terbesar dan Terindah Kedua di Dunia Ada di Sulawesi Selatan


Melancongyuk - Karst cukup menarik, memiliki keunikan tersendiri. Bentukan dan bentang alam yang khas dengan keunikan flora serta faunanya. Tebing-tebing karst menjulang tinggi membentuk gugusan pegunungan batu gamping.

Selama ini mungkin Sahabat Sporto tahu Karst di Cina Selatan. Ternyata Indonesia memiliki Karst Maros Pangkep, karst terbesar dan terindah kedua di dunia. Kawasan pegunungan karst ini membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar 40 ribu hektar.

Keunikan karst Maros-Pangkep terletak pada bentuknya yang seperti menara atau tower yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi.
Karst Maros-Pangkep bagian dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Tak hanya memanjakan mata, tebing-tebing karst yang menjulang tinggi itu siap memacu adrenalin para pemanjat tebing. Selain itu, terdapat ratusan gua yang siap menantang para penggemar Caving.

Gua di kawasan karst menyimpan kekayaan arkeologi yang tak ternilai harganya. Terdapat beberapa situs peninggalan prasejarah. Sisa-sisa peninggalan manusia prasejarah seperti gerabah, perkakas dari batu, mata panah, cangkang kerang, bahkan di dinding-dinding gua terdapat lukisan-lukisan prasejarah, karya seni yang langka.

Kawasan Karst Maros-Pangkep juga menyimpan kekayaan berbagai fauna langka seperti monyet hitam sulawesi, musang sulawesi, tarsius, ratusan jenis kupu-kupu dan berbagai biota unik yang hidup di dalam gua. Selain itu, kawasan semacam ini juga berfungsi sebagai penyimpan air bawah tanah yang dimanfaatkan sebagai sumber mata air bagi masyarakat di sekitarnya terutama pada musim kemarau. Hal ini karena di dalam gua terdapat jaringan aliran sungai bawah tanah. (Sportourism)

Related Posts

Karst Terbesar dan Terindah Kedua di Dunia Ada di Sulawesi Selatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.