Yuk, Nikmati Selingkuh Hingga Janda Kecemplung di Pulau Seribu!

Melancongyuk - Ada apa sih di Pulau Seribu sampai bawa-bawa selingkuh dan janda kecemplung? Jangan salah, selingkuh dan janda kecemplung di utara Jakarta ini bukanlah seperti yang kita bayangkan, tapi jangan kecewa, karena tetap nikmat, kok!

Kue Selingkuh


Kue selingkuh adalah nama kue khas asal Kepulauan Seribu, tepatnya dari Pulau Pramuka, dan salah satu dari beberapa jajanan dengan nama yang unik di sana. Soal nama selingkuh sendiri, ternyata, dari puluhan penjaja makanan yang ada di sana, tak ada satu orang pun yang bisa menjawab. Nama kue itu sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Lalu, seperti apa sih, kue selingkuh itu? Kue ini kira-kira mirip dengan apa yang kita sebut sebagai lontong. Selingkuh juga memiliki proses pembuatan yang sangat sederhana; berbahan baku beras yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi abon ikan, hidangan selingkuh cocok dinikmati di sore hari bersama secangkir teh hangat.

Selain kue selingkuh, ada satu lagi hidangan yang namanya tak kalah unik, yakni: Janda mengandang! 
 

Lagi-lagi, kurang diketahui dari mana kue ini mendapatkan namanya, namun menurut penduduk setempat, kue ini awalnya dibuat sebagai bekal untuk para laki-laki yang pergi ke laut dan belum dapat dipastikan apakah akan kembali pulang ke istrinya di rumah. Kue janda mengandang dibuat dari bahan dasar tepung beras, sagu, dan ampas kelapa. Adonan tepung beras, sagu, dan ampas kelapa ini lalu dikukus. Setelah matang, dimakan dengan bumbu tambahan air gula merah. Yum!

Ada satu lagi kue yang serupa namun tak sama. Berbeda dengan kue janda mengandang, nama kue ini adalah kue janda kecemplung. Kue janda kecemplung terbuat dari tepung terigu dan gula yang dibuat dalam bentuk bulat, lalu dikukus. Setelah matang, adonannya dicelupkan dalam cairan air gula jawa lalu dicampur dengan ampas kelapa.

Ada-ada saja ya, nama kuliner Indonesia. Bagaimana, berani ajak pasanganmu untuk mencoba selingkuh?

Related Posts

Yuk, Nikmati Selingkuh Hingga Janda Kecemplung di Pulau Seribu!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.