Pemandangan Ala Afrika di Taman Nasional Baluran


Melancongyuk - Kalau kita ingin merasakan suasana Afrika yang terkenal dengan alam liarnya, kita tidak perlu jauh-jauh ke Afrika karena kita bisa pergi ke Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran ini terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, dan wilayah Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Kita bisa berangkat dari arah Surabaya atau Banyuwangi, mengingat tempat ini berada di jalur Bus jurusan Surabaya-Banyuwangi.

Keunikan dari Taman Nasional Baluran ini terletak pada padang sabana yang luas dan menyerupai suasana di alam liar Afrika. Area padang sabana di tempat ini luasnya lebih dari 40% luas keseluruhan Taman Nasional Baluran. Kita bisa menyaksikan suasana padang sabana dengan rerumputan dan pohon-pohon yang tersebar dengan jarak yang cukup jauh.


Pohon-pohon di padang sabana yang ada di Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang instagramable. Banyak pengunjung yang seolah-olah berteduh di bawah pohon-pohon ini, namun sesungguhnya menjadikannya sebagai pose foto yang menawan. Kita tidak akan kehabisan pohon untuk bisa kita jadikan latar dalam foto profil kita. Sulit membedakan apakah itu ada di Indonesia atau di Afrika.

Bentuk pohonnya juga unik-unik. Bisa jadi tidak ada pohon yang berbentuk sama persis satu dan lainnya. Pohon-pohon ini menjadi penghias saat kita melintas di jalan-jalan sepanjang padang sabana. Saat kita menemukan bentuk pohon yang menurut kita menarik untuk menjadi penghias foto kita, kita bisa berhenti dan memotret. Jangan khawatir dengan debu, karena kadang-kadang debu juga bisa menjadi salah satu elemen yang meyakinkan bahwa kita berada di sebuah negeri antah-berantah di Afrika.


Taman Nasional Baluran mempunyai lebih dari 400 jenis pohon. Ada beberapa jenis pohon merupakan jenis yang khas dan mampu beradaptasi pada keadaaan yang sangat kering. Selain itu, Taman Nasional Baluran ini mempunyai lebih dari 20 jenis mamalia dan lebih dari 150 jenis burung. Binatang yang paling banyak ditemui adalah kera, ayam hutan, burung merak, kerbau, banteng dan jerapah. Kalau anda beruntung anda bisa bertemu dengan rusa, kijang, macan tutul dan kancil.

Mengingat binatang yang ada di Taman Nasional Baluran adalah binatang liar, kita harus tetap hati-hati dan memperhatikan peraturan yang ada. Salah satu contohnya adalah jarak saat kita ingin memotretnya. Terlebih lagi untuk binatang yang berukuran besar seperti banteng atau binatang buas seperti macan tutul.

Tidak hanya itu yang bisa membuat suasana memorable. Jalan-jalan sepanjang Taman Nasional Baluran juga menyajikan pengalaman yang luar biasa. Selain jalannya masih berupa jalan tanah, jalurnya melalui padang sabana dan hutan liar. Dalam perjalanan kita bisa menyaksikan perbedaan padang sabana dan hutan musim yang liar. Ini bisa menjadi seperti sebuah petualangan yang bisa kita ceritakan di kemudian hari.


Hijaunya pepohonan yang ada di dalam hutan musim sangat kontras dengan pohon-pohon di padang sabana. Kita bisa menyaksikan perubahan suasana dari titik ke titik lainnya. Beberapa jalan yang melintas hutan musim sudah di aspal. Meskipun banyak yang rusak, namun itu tidak menganggu suasana petualangan berada di dalam hutan.

Taman Nasional Baluran menjadi salah satu tempat hutan lindung dan suaka margasatwa terbesar di Pulau Jawa, sehingga ekosistem di tempat ini terus dijaga. Tidak hanya itu, Taman Nasional Baluran membuka diri sebagai tempat wisata yang bisa menghilangkan kepenatan kota menjadi kesegaran. Keberadaan Taman Nasional Baluran merupakan salah satu corak alam Indonesia yang luar biasa.

Related Posts

Pemandangan Ala Afrika di Taman Nasional Baluran
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.