Ugimba, Desa Mempesona Terakhir Sebelum ke Puncak Carstensz


Melancongyuk - Beberapa waktu lalu ramai di media sosial tentang posting-an seorang jurnalis travel yang bercerita kilas balik perjalanannya menuju Carstenz. Namun, ternyata desa yang dimaksud ini menjadi destinasi wisata baru yang dekat dengan Puncak Carstensz.

Dalam unggahan instastory-nya tersebut, sang jurnalis menceritakan pengalamannya saat berada di desa terujung sebelum pendakian. Konon, satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.

Tanah Papua memang punya banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya yang diresmikan pada 2014 lalu. Desa Wisata Ugimba yang terletak di Kabupaten Intan Jaya, Papua ini punya banyak keunikkan.

Panorama desa ini sangat memikat dan indah, belum lagi kebudayaannya seperti ukiran yang banyak ada di sini dan bisa dimiliki. Desa ini juga dijadikan sebagai sentra kreatif untuk membuat cenderamata khas dari Papua.

Pesona Desa Ugimba sangatlah banyak. Ada Sungai Kemabu yang bisa jadi sungai terdingin di Indonesia. Ada pula air terjun dengan bentuk unik, yakni berbentuk tirai. Masih di Sungai Kemabu, ada pula Air Keramat Tipagau.

Air yang menyembur ke atas dari tanah yang konon memiliki kandungan mineral tinggi. Di sungai ini pula menjadi pintu gerbang untuk memasuki Desa Ugimba.

Namun, jangan dulu membayangkan kawasan desa wisata ini sudah diberi fasilitas yang memadai. Karena pada kenyataannya masih belum maksimal insfrastruktur di desa ini. Masyarakatnya masih sangat tradisional di sini.


Rumah-rumahnya pun berjarak sangat jauh antara satu dengan yang lain. Masyarakat di sana masih mendiami rumah honai, bangunan khas Tanah Papua.

Meski demikian, jika Sahabat Sporto berkesempatan datang ke desa ini bisa menikmati pesona yang disukai para traveler. Atau melakukan petualangan dengan trekking di hutan yang berada di sekitar desa.

Carstensz Pyramid adalah satu di antara tujuh gunung yang menjadi impian banyak pendaki, termasuk pendaki internasional. Gunung ini juga dikenal sebagai satu-satunya puncak gunung di kawasan tropis yang punya salju abadi. Dari Desa Ugimba, berarti Sahabat Sporto sudah dekat dengan puncak tertinggi di Indonesia tersebut. (Sportourism)

Related Posts

Ugimba, Desa Mempesona Terakhir Sebelum ke Puncak Carstensz
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.