Mengunjungi Manusia Purba di Leang Petakere


Melancongyuk -  Aktivitas manusia purba saat di zamannya memang sangat menarik untuk diketahui. Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara manusia purba untuk bertahan hidup di tengah alam yang liar. Bagi yang tertarik dengan kehidupan manusia purba maka harus datang ke Taman Nasional Geopark Maros-Pangkep.

Geopark yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan ini dikenal memiliki taman prasejarah Laeng-leang. Di taman nasional ini terdapat gua-gua prasejarah yang tersebar di perbukitan cadas atau karst dengan beragam jenis peninggalan budaya manusia purba.

Diantaranya berupa gambar yang menghiasi dinding gua, mulai dari cap tangan hingga babi hutan yang konon dibuat oleh manusia purba. Selain itu di beberapa gua juga ditemukan sebaran alat batu maupun sampah dapur yang terdiri atas moluska tawar, payau, dan laut.

Peninggalan arkeologi tersebut menjadi objek kajian yang sangat menarik untuk diteliti guna mengetahui kehidupan manusia pada masa lampau. Beberapa arkeolog bahkan berpendapat bahwa di antara gua-gua tersebut telah didiami sejak 8.000 – 3.000 SM.

Salah satu gua yang diperkirakan dihuni oleh manusia purba adalah Laeng Petakere. Posisi gua ini cukup tinggi sekitar 70m, sehingga kita perlu perjuangan untuk mencapainya. Peninggalan yang ditemukan pada leang ini berupa dua gambar babi rusa dan 27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah dan mata panah. (Sportourism)

Related Posts

Mengunjungi Manusia Purba di Leang Petakere
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.