Kampung Budaya akan Menjadi Destinasi Baru di Banyuwangi


Melancongyuk - Sektor pariwisata di Banyuwangi terus mengalami pertumbuhan. Hingga saat ini tercatat sudah ada 4,8 juta wisatawan yang datang berkunjung. Sedangkan untuk jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sudah mencapai 100 ribu orang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jika sekarang ini lama wisatawan berkunjung semakin lama. “Rata-rata wisatawan sekarang tinggal 3-4 malam karena mulai mengetahui destinasi lain. Dulu yang terkenal hanya Kawah Ijen sehingga mereka menginap hanya 1 malam di sekitaran sana,” tutur pria yang akrab disapa Anas itu.

Pencapaian itu tentu tidak didapatkan dengan mudah. Anas mengatakan jika pemerintah daerah terus memperbaiki kualitas lingkungan dan acara yang dibuatnya. Sekadar informasi, baru-baru ini Banyuwangi berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Terbersih di tingkat ASEAN. Kementerian Pariwisata RI pun menganugerahkan penghargaan Kota Festival terbaik.

“Tahun ini kami memilki 77 event di mana meningkat dari tahun lalu yang hanya 52 event. Dengan begitu setiap minggu ada 2-3 event,” tambah Anas. Selain itu, kebutuhan hospitality di Banyuwangi juga akan semakin lengkap karena hingga bulan Juni nanti akan ada beberapa hotel baru yang mulai dibuka. Selain itu, sudah ada 420 home stay yang siap menampung wisatawan.

Cara lain yang dilakukan oleh pemerintah adalah mengembangkan destinasi wisata baru sehingga bisa menjadi alternatif untuk wisatawan. Rencananya, dalam beberapa bulan ke depan akan ada Kampung Budaya. Nantinya wisatawan dapat melihat secara langsung hal-hal yang menyangkut kebudayaan khas Banyuwangi dan mengambil foto di dalamnya.

“Kampung Budaya akan dimulai dalam dua bulan ini. Selama ini kebudayaan tidak bisa dilihat, hanya bisa dirasakan sementara tren-nya orang sekarang ingin selfie, ingin motret rumah budaya. Mudah-mudahan dalam lima bulan ini telah selesai dan dapat dinikmati oleh anak-anak muda,” jelas Anas.

Dengan dibangunnya Kampung Budaya, Anas berharap anak muda maupun masyarakat dan wisatawan dapat menikmatinya. Rencananya akan disediakan banyak spot Instagramable serta rumah budaya seperti Rumah Osing, Rumah Masyarakat Mataraman, maupun masyarakat Madura.

Related Posts

Kampung Budaya akan Menjadi Destinasi Baru di Banyuwangi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.