Nikmatnya Jagung Bose, Bubur khas NTT


Melancongyuk - Makanan pokok di Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satunya adalah jagung. Sehingga banyak aneka makanan yang dibuat berbahan dasar jagung. Misalnya jagung bose, yakni masakan berupa bubur.

Masakan tradisional yang dikenal dengan jagung bose ini menjadi makanan pokok pengganti nasi. Menurut tradisi warga Timor, jagung bose hanya dibuat dari jagung putih. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara jagung putih atau kuning. Hanya saja, jagung putih biasanya terasa lebih manis.

Jagung bose berarti jagung yang dilunakan, karena teksturnya memang lunak seperti bubur pada umumnya. Namun cara pembuatannya cukup sulit, membutuhkan proses yang cukup lama. Pertama, biji jagung dicampur air, dan ditumbuk hingga daging-daging putihnya keluar. Kemudian, rebus menggunakan kayu maker hingga berubah.

Setelah itu, baru bisa dimasak menjadi jagung bose. Biasanya, kudapan ini dicampur kacang merah. Sehingga rasanya semakin nikmat, sekaligus membuat warna bubur khas NTT ini jadi semakin menarik. Oh iya, jagung bose memiliki kuah terbuat dari santan kelapa yang melewati sekitar tiga kali peras.

Cara membuatnya, masukan jagung dan garam terlebih dahulu. Lalu jeruk nipis juga minyak kelapa. Masak sekita 10 hingga 15 menit, hingga semua bahan-bahan tercampur dan matang. Jika ke NTT, Anda bisa menikmatinya sebagai sarapan pagi.



Related Posts

Nikmatnya Jagung Bose, Bubur khas NTT
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.