Kuliner asal Banyumas Ini Bisa Buat Kamu Ketagihan

Indonesia tidak hanya memiliki banyak tempat-tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Namun juga wisata kulinernya tak kalah sedapnya dengan luar negeri.

Penasaran? Berikut ini kuliner khas Banyumas yang terkenal lezat dan sudah terkenal hingga ke luar daerahnya. 

1. Soto Sokaraja
 

Ciri khas Soto Sokaraja adalah bumbu kacangnya yang banyak dan bumbu yang gurih. Biasanya soto ini bisa dikonsumsi bersama lontong atau nasi. Tapi biasanya kebanyakan orang makan paki lontong yang ditaruh sekaligus di mangkuknya. Dijamin seger dan gurih deh.

Ada beberapa pilihan soto Sokaraja yang bisa dipesan pembeli, mulai dari soto daging sapi, soto babat iso, soto campur (daging sapi, babat, dan iso), hingga soto ayam.

2. Mendoan

 
Mendoan ini bentuknya seperti tempe goreng, namun lebih lembek dan lembut. Biasanya berwarna kekuningan karena ditambah irisan daun bawang di dalam adonannya.

Mendoan enak disajikan selagi hangat, tapi enak juga jika disajikan sebagai pendamping makan soto Sokaraja. Mantap deh.

3. Gethuk Goreng Sokaraja

 
Gethuk ini terbuat dari singkong yang direbus kemudian ditumbuk dengan gula, lalu digoreng. Nah Gethuk goreng Sokaraja ini rasanya manis dan enak.

Kalau kamu datang ke Banyumas dan melewati terminal Purwokerto banyak tuh yang jual, atau saat naik bus akan ada bapak-bapak menjajakan gethuk goreng.

Gethuk goreng Sokaraja ini bisa dijadikan oleh-oleh juga lho. Kemasannya pun macam-macam, ada berupa besek (wadah anyaman bambu) dan kemasan plastik.

4. Sale Pisang


Sale pisang ini juga cocok untuk oleh-oleh bagi yang suka makanan manis. Sale Pisang Banyumas ini manisnya pas jadi nggak gampang bosen kalau makan banyak-banyak.

5. Combro

 
Combro ini rasanya gurih, dengan isian tempe yang pedas. Namun isian combro tidak hanya tempe, tetapi bisa juga diganti dengan bahan lain sesuai keinginan.

6. Kue Kamir


Kue kamir ini Dorayakinya Jawa. Kue kamir banyak ditemukan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja, bahkan Jawa Barat. Nah, bagi yang suka makanan tradisional, ini pas banget buat dimakan sendiri maupun dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Panganan ini sangat empuk dan digemari. Kue Kamir sangat ccok bagi yang belum tumbuh gigi atau giginya sudah habis.

Related Posts

Kuliner asal Banyumas Ini Bisa Buat Kamu Ketagihan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.