Pesona Wat Arun di Bangkok

Sungai Chao Phraya
Sebelum menikmati kuil indah di Bangkok, jalur yang dapat dilalui wisatawan adalah menyusuri sungai Chao Phraya. Sungai ini membelah Bangkok menjadi dua bagian yang hampir sama. Panjang sungai Chao Phraya ini sekitar 372 kilometer, dan mengalir sepanjang bagian Thailand. Jadi, sungai ini merupakan sungai utama di Thailand.

Dari sungai inilah, pariwisata Thailand mendapatkan angin segar, karena salah satu jenis transportasi yang dijadikan sebagai andalan pariwisata di Thailand adalah perahu-perahu wisata. Sungai ini nampak terawat, tak banyak sampah yang tertangkap oleh mata, sedangkan perahu dengan bebas berlalu-lalang dan mengantarkan wisatawan. Bisa di bilang, sungai inilah yang memutar roda pariwisata Thailand. Sungguh luar biasa.

Kuil Fajar
 Wat Arun disebut juga sebagai kuil fajar atau candi fajar. Candi ini merupakan Candi budha yang terletak di distrik Bangkok Yai, kota Bangkok, di tepi barat sungai Chao Phraya. Dikutip dari wikipedia, Nama panjang Wat Arun adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamavihara.

Wat Arun dibangun pada masa kerajaan Ayutthaya, yang dikenal dengan sebuat Wat Makok. Setelah Raja Rama II & Raja Rama IV berkuasa, Wat Makok kemudian diganti nama menjadi Wat Arun seperti sekarang.

Dari sungai Chao Phraya, Wat Arun terlihat megah dan terlihat indah. Apabila senja maupun matahari terbit, keindahan Wat Arun tak tertandingi. Banyak momen yang bisa diabadikan pada dua waktu tersebut. Menikmati sebuah bangunan dengan tinggi sekitar 70 meter ini, bisa memberikan rasa senang, karena memang Wat Arun terkenal dengan sebutan "Temple of Dawn", kuil atau candi yang indah saat terbenam matahari.
 
Ornamen dari porselen dan keramik dari Tiongkok
Detail ornamen Wat Arun mengingatkan pada sebuah guci yang terbuat dari porselen dan keramik dari Tiongkok. Dinding candi ini berwarna-warni layaknya keramik dari Tiongkok. Berkeliling Wat Arun haruslah ektra hati-hati karena tangganya memiliki sudut yang sangat sempit dan memiliki tangga yang sempit dan cukup menukik. Namun, apabila telah sampai pada puncaknya, pemandangan yang sangat indah akan terlihat dengan jelas. Sebuah lukisan alami yang bisa dilihat dengan mata telanjang sebuah pemandangan aktivitas sungai Chao Phraya dan kota Bangkok.

Pemandangan dari puncak Wat Arun
Disekitar Wat Arun, terdapat tempat penyewaan baju tradisional Thailand, dan dapat digunakan untuk berfoto-foto ria. Dalam kompleks Wat Arun, terdapat beberapa kuil disekitar Wat Arun, bagunan tersebut sebetulnya merupakan tempat pemujaan terhadap Budha. Sedangkan, waktu ideal untuk berkunjung adalah sekitar sore menjelang tutup, disamping tidak panas, wisatawan juga dapat mengabadikan Wat Arun saat senja tiba.

Saat turun dari perahu yang digunakan menyebrang dari Dermaga N8 (Membayar 3 Bath), banyak penjual yang menjajakan barang dagangannya. Pada saat disana, saya sempat ditawari beberapa produk souvenir, namun saya tidak tertarik. Namun, alangkah bijaknya, apabila wisatawan dapat menawar, karena kemungkinan harganya telah dinaikan sebelumnya.

Saat memotret patung Budha, saya sempat bertemu orang Bandung disana. Saat itu, mereka telah berkeliling Bangkok, dan hari ini merupakan hari terakhirnya. Mereka menjelaskan bahwa bangkok ini menarik dan wisatanya sangat terjaga rapi. Kapan Indonesia dapat meniru pariwisata Thailand? Jawabnya mari kita renungkan bersama. 



Pemandangan dari puncak Wat Arun

Tiket masuk ke Wat Arun termasuk murah sekitar 50 Bath, atau dalam rupiah sekitar 15 ribu. Sedangkan jam buka atau operasional Wat Arun jam 8.00 – 17.30 waktu Bangkok atau sama dengan WIB.

Mengunjungi Wat Arun, ada 2 moda tranportasi yang harus digunakan, yaitu BTS (Sky Train) dan Perahu. Sebelumnya, anda harus naik BTS sampai ke Saphan Taksin Station (Map diatas), yang bisa dilalui dengan transit terlebih dahulu di Siam Station. Kemudian, dari Saphan Taksin berjalanlah ke dermaga Than Thien yang berjarak kurang lebih 5 menit. Setelah itu naik ke boat berwarna orange/biru dengan tarif antara 15-40 Bath. Kemudian, setelah melalui sungai Chao Phraya berhentilah di N8 Wat Arun.

Untuk info map BTS silahkan kunjungi BTS Map

Tempat wisata yang berdekatan dengan Wat Arun, adalah Wat Pho Kaew dan Grand Palace.

Sumber: bluepackerid


Related Posts

Pesona Wat Arun di Bangkok
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.