Melihat Kemegahan Masjid Essalam, Masjid Terbesar di Belanda

Mesjid Essalam di Kota Rotterdam Belanda
Kota Rotterdam yang berada di bagian selatan Belanda memiliki komposisi etnik dan pemeluk agama yang beragam. Sekitar 13,3 persen penduduk Rotterdam memeluk agama Islam. Menjadikannya sebagai agama kedua terbesar di kota pelabuhan ini. Tak heran bila di sini hadir juga masjid Essalam yang merupakan masjid terbesar di Belanda.

Ada sekitar 80.000 Muslim yang tinggal di Rotterdam. Mereka berasal dari negara-negara Afrika Utara seperti Maroko, Turki atau Asia. Walikotanya pun Muslim, Ahmad Aboutaleb yang merupakan keturunan Maroko. Sejak tahun 2004 Rotterdam membangun masjid Essalam yang mampu menampung 1.500 jemaah.


Masjid Essalam termasuk masjid besar yang memiliki 3 lantai. Masjid berarsitektur Maroko ini dibangun dengan dana dari yayasan Al Maktoum yang dimiliki oleh Sheikh Hamdan bin Rashid Al Maktoum, wakil Pemerintah Dubai dan menteri keuangan Uni Emirat Arab. Masjid ini memiliki 2 minaret/ menara yang tingginya mencapai 50 meter, menyaingi tiang lampu stadion Fijenood Rotterdam yang berada di dekat masjid.

Pengerjaan Masjid Essalam memakan waktu 11 tahun dikarenakan adanya beberapa hambatan seperti adanya penolakan dari kelompok fanatik Belanda dan kelompok anti imigran. Setelah masalah perizinan berhasil ditanggulangi, tahun 2004 masjid mulai dibangun namun juga terkendala masalah dengan pihak pembangun serta komunitas Maroko di Rotterdam.


Kini masjid yang berada di kawasan imigran Rotterdam ini telah berfungsi menfasilitasi komunitas Muslim Maroko dan umat muslim lainnya beribadah di Rotterdam. Masjid ini menjadi pilihan karena ukurannya yang luas. Sementara masjid lainnya berukuran kecil. Masjid Essalam juga disebut sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa.

Masjid Essalam terdiri dari 3 bagian, yaitu pintu masuk utama yang berada di sebelah barat, bagian utama untuk sholat di tengah dan mihrab di sisi tenggara. Seperti halnya masjid pada umumnya bagian atap berbentuk kubah. Karena lahan yang tersedia terbatas maka masjid didirikan hingga 3 lantai.



Essalam terletak di Vredesplein 7 kota Rotterdam, menghadap taman Varkenoordse dan dekat dengan stadion Fijenoord Rotterdam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki beberapa ruang yang diperuntukkan bagi acara budaya, sosial dan pendidikan Islam.

Sumber: okezone

Related Posts

Melihat Kemegahan Masjid Essalam, Masjid Terbesar di Belanda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.