Cantiknya Penampakan Ombak Biru Berkilau di California


Melancongyuk - Pemandangan tidak biasa terlihat di pantai Torrey Pines, San Diego, California, Amerika Serikat. Ombak ini terlihat bersinar dengan warna biru cerah yang sangat cantik. Bukan hanya cantik, peristiwa ini cukup langka dan tidak terjadi setiap waktu. 

Fenomena ini terjadi pada hari Rabu, 9 Mei 2018, waktu setempat. Tiba-tiba ombak di Torrey Pines mengeluarkan cahaya berwarna biru terang karena organisme laut berjenis dinoflagellata.

Dinoflagellata adalah kumpulan dari fitoplankton yang memiliki flagella (alat gerak pada makhluk bersel satu).

Beberapa jenis dinoflagellata ini memiliki sifat bioluminesensi, sehingga dapat memancarakan cahaya dari tubuhnya.

Dinoflagellata yang berkumpul dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ledakan populasi alga atau yang disebut juga pasang merah (red tides). Red tides membuat lautan menjadi berwarna merah, namun di malam hari, red tides akan mengeluarkan warna biru terang bila ada gerakan-gerakan yang mengganggu.

"Red tides tidak bisa diperkirakan kapan munculnya. Dan tidak semua dinoflagellata memiliki sifat bioluminesensi," kata Scripps Institution of Oceanography dalam pernyataannya yang dilansir CNET.

Menurut ahli dari Scripp Oceanography, Michael Latz, peristiwa ini tersebar sepanjang 32 kilometer, dari Encitas ke La Jolla.

Peristiwa ini menarik perhatian banyak orang, termasuk fotografer profesional setempat, Stephen Bay, yang tidak menyia-nyiakan momen langka ini untuk mengambil gambar.

“Ya ampun, ombaknya menyala!” kata Bay kepada NPR.

Belum diketahui berapa lama red tides ini akan bertahan. Kadang-kadang, red tides bisa bertahan hingga sebulan atau lebih, tapi bisa juga hanya beberapa minggu saja.

Peristiwa red tides sebelumnya terjadi pada September 2013. Pada tahun ini, red tides terjadi selama seminggu penuh. Sementara sebelumnya pada Oktober 2011, red tides bertahan hingga sebulan penuh.

Related Posts

Cantiknya Penampakan Ombak Biru Berkilau di California
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.