Unik, Desain Apartemen di Kanada ini Seperti Lego


Kanada, Amerika Serikat juga punya sebuah gedung ikonik yang dibangun puluhan tahun lalu. Bentuknya yang ‘tak biasa’ daripada bangunan atau tempat tinggal lainnya, membuat gedung ini seringkali disebut sebagai rumah tinggal masa depan.

Habitat 67 adalah sebuah karya desainer kelahiran Israel bernama Moshe Safdie. Ia ingin merancang potongan surga bagi siapa pun. Desainnya yang unik, membuat bangunan ini banyak diminati orang yang ingin memiliki tempat tinggal yang luar biasa.

Desain Habitat 67 bermula dari tesis Moshe dalam jurusan arsitektur di Mc Gill University. Kemudian dibangun pavilion serupa untuk Expo 67, sebuah pameran dunia yang digelar pada 1967.


Kini, Habitat 67 menjadi apartemen yang terletak di Montreal, Kanada, dan menawarkan pemandangan sungai, Downtown Montreal, dan Old Port yang menawan. Bangunannya sangat unik bagai tumpukan kotak yang disusun tak beraturan atau bagai mainan Lego. Hal ini sengaja dirancang Moshe yang ingin memberi pengalaman tinggal bagi kaum urban.

Apartemen terdiri dari 146 tempat tinggal dengan ukuran yang berbeda. Komplek ini memiliki 158 apartemen, namun beberapa unit bisa digabungkan untuk memberi ukuran unit yang lebih besar. Masing-masing unit punya satu teras pribadi.

Dalam perkembangannya, desain ini memiliki banyak manfaat bagi kaum urban, yaitu adanya taman, udara segar, ruang privasi, dan lingkungan multilevel. Habitat 67 juga pernah meraih penghargaan poling Lego Architecture pada Maret 2012.

Related Posts

Unik, Desain Apartemen di Kanada ini Seperti Lego
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.