Uniknya Pemandian Air Soda, Penyembuh Berbagai Penyakit


Melancongyuk - Di Indonesia ada satu tempat pemandian yang cukup unik. Yakni, berendam dalam air soda. Saat Anda menjadikan air soda sebagai minuman yang menyegarkan, di Tapanuli Utara justru dijadikan sebuah destinasi pemandian atau berendam. Penasaran?

Di Tapanuli Utara, tepatnya di Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara ada satu destinasi unik. Yakni kolam berendam sekaligus pemandian dalam air soda. Ya, kolam ini memiliki buih-buih seperti air soda.

Saat masuk dalam kolam, orang akan merasa hangat dan banyak buih atau gelembung yang menempel pada tubuh. Namun, jika air soda yang biasa diminum memiliki rasa yang cenderung manis, kolam di sini tak memiliki rasa.

Air yang menyerupai soda ini pula memiliki banyak khasiat yang sudah dibuktikan para pengunjung yang hadir. Seperti mengobati penyakit kulit hingga sebagai terapi bagi penderita penyakit stroke. Ada pula yang mengatakan, berendam di kola mini membuat kulit menjadi lebih lembut.

Kolam ini memiliki kedalaman 1,8 m bahkan menurut penelitian dokter bisa juga diminum. Khasiatnya bisa menjadi obat rematik, pengapuran, dan asam urat. Namun, Anda harus tetap berhati-hati karena terkena percikan air soda ke mata akan menyebabkan perih.

Kolam yang oleh masyarakat sekitar, pemandian ini dikenal sebagai Pemandian Air Soda Tarutung atau Aek Rara. Selama berendam, Anda juga akan memandang hamparan sawah dan Bukit Barisan yang menyejukkan mata di sekitarnya.

Tak salah memang, jika destinasi ini jadi salah satu lokasi favorit wisatawan saat berakhir pekan. Selain karena ciri airnya yang berkarbonasi nan unik, destinasi ini juga tak memungut biaya bagi pengunjungnya.

Meski tak memungut biaya, pengunjung diharuskan membayar untuk membilas tubuh atau ke kamar kecil. Pengelola pun memperoleh pendapatan dari makanan atau minuman yang terdapat pada warung di sekitar lokasi. (Sportourism)

Related Posts

Uniknya Pemandian Air Soda, Penyembuh Berbagai Penyakit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.