Warna Air Danau di Australia Ini Mirip Permen Karet


Melancongyuk -  Danau Hillier, terletak di Kepulauan Recherce, Australia Barat. Danau Hillier memiliki panjang sampe sekitar 600 meter dan lebarnya mencapai 250 meter.

Menurut berbagai sumber, air yang berada di Danau Hillier merupakan warna permanen. Air dari danau ini berwarna pink.

Danau Hillier berada di pulau terbesar dalam gugus kepulauan Recherche Archipelago di lepas pantai Experance. Dari udara bisa terlihat jelas sebuah danau yang terlihat seperti permen karet berwarna merah muda. Dikutip dari Australia.com, danau pink ini memiliki luas sekitar 600 meter.

Danau Hillier dikelilingi tepian pasir dan lebatnya pohon Paperbark dan Eukaliptus. Diduga akibat badai, suhu udara panas dan sedikit curah hujan menyebabkan perubahan warna yang signifikan pada danau tersebut mempengaruhi algae yang ada di dalam air.

Algae tumbuh di lapisan kerak garam dan di bagian dasar danau terdapat pigmen merah atau beta carotene sebagai bagian dari proses fotosintesis, alhasil menghasilkan kandungan gula yang sangat tinggi.

Penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa warna pink yang dihasilkan oleh Danau Hillier bukan dikarenakan alga. Namun warna pink ini murni merupakan keajaiban alam.

Related Posts

Warna Air Danau di Australia Ini Mirip Permen Karet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.