Pulau Terkecil di Dunia Ada di Indonesia


Melancongyuk - Wilayah Indonesia terdiri dari kepulauan. Dari ujung barat hingga timur kawasan Nusantara berjejer pulau-pulau beragam ukuran, mulai yang paling besar dan kecil pun ada. Bahkan Indonesia juga punya pulau yang dinobatkan terkecil di dunia, yaitu Pulau Simping.

Pulau Simping diakui dan tercatat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai pulau terkecil yang ada di dunia. Pulau yang memiliki luas keseluruhan kurang dari satu hektare tersebut terletak di Teluk Mak Jantu di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang Selatan, Kalimantan Barat.

Dahulu, pulau ini dijuluki Kelapa Dua, sebab ada dua pohon kelapa menjulang di tengah pulau tersebut. Kini, ada beberapa pohon kelapa dan tumbuhan perdu. Meski tidak luas, tetapi di pulau ini terdapat kelenteng yang sampai sekarang masih digunakan orang-orang Tionghoa bersembahyang.

Waktu terbaik untuk menikmati pulau ini yaitu pada sore hari. Sembari menunggu matahari tenggelam, kita dapat berbaur dengan alam di sekitar pulau yang masih asri. Kedalaman air laut di sekitar pulau tidak terlalu dalam. Kita dapat dengan leluasa bermain air atau pun berenang. Namun sayang, kualitas air kurang jernih.

Pulau ini sempat berjaya sekitar 10 tahun lalu. Sebagai daya tarik wisata, di pulau ini dibangun jembatan dibuat sebagai penghubung. Namun sayangnya, kondisi jembatannya telah rusak berat. Padahal pada masanya dahulu di jembatan tersebut wisatawan bisa berjalan sambil menikmati angin laut bertiup sepoi-sepoi untuk melihat klenteng tua. (Sportourism)

Related Posts

Pulau Terkecil di Dunia Ada di Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.