Air Terjun Jaga Pati Miliki Arti Menjaga Kematian


Melancongyuk - Jawa Barat memiliki banyak air terjun, masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Nah, bila Sahabat Sporto sedang ke Garut, Curug Jaga Pati mesti masuk list wisata yang bakal Sahbat Sporto kunjungi.

Curug Jaga Pati terletak di Kampung Padarame, Garut. Untuk sampai di lokasi Curug diperlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan berjalan kaki dari Padarame.

Daya tarik curug ini adalah memiliki sedikitnya tiga terjunan air yang cukup tinggi. Kualitas airnya masih relatif bersih dan jernih. Air curug ini berasal dari aliran sungai Cilimbung yang berasal dari Gunung Limbung.

Menurut para tokoh setempat, nama Jaga Patih berarti menjaga kematian. Hal ini berkaitan dengan lokasi air terjun yang berada di puncak perbukitan dan di sekitar hulu aliran sungai.

Menjaga kematian dalam konteks curug ini dapat diartikan sebagai nyawa di lingkungan hilirnya. Jika air di curug ini tercemar atau lingkungannya rusak, maka ekosistem di hilirnya juga akan terancam rusak.

Sahabat Sporto bisa bermain air di kolam, terletak tepat di bawah air terjun. Pada saat kemarau, air kolam tersebut akan berwarna tosca. Debit air terjun tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil. Sangat cocok bagi Sahabat Sporto yang senang beramin air.

Warga di sekitar kawasan curug ini memiliki kepercayaan untuk tidak mengunjung Curug Jaga Pati pada hari Selasa dan Jumat. Jika tetap berkunjung di hari tersebut, pasti akan ada hambatan atau kecelakaan yang cukup sulit. (Sportourism)

Related Posts

Air Terjun Jaga Pati Miliki Arti Menjaga Kematian
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.