Perayaan Hari Kematian 'Dia de Los Muertos' di Meksiko


Setelah momen halloween berlalu, ada perayaan lain yang masih bertemakan kematian, yaitu dia de los muertos. Dia de los muertos diadakan untuk merayakan dan menghormati orang yang telah tiada.

Dia de los muertos, atau day of the dead, dirayakan pada awal November. Tradisi ini berasal dari Meksiko, tapi juga bisa disaksikan di beberapa daerah di Amerika Serikat, Spanyol dan beberapa negara Amerika Selatan.

Tanggal 1 November, perayaannya dinamakan dia de los angelitos yang didedikasikan untuk almarhum anak-anak muda, dan tanggal 2 November adalah dia de los difuntos untuk arwah orang dewasa.

Ada pula yang mulai merayakannya pada malam 31 Oktober dengan mendatangi makam. Waktu tengah malam tersebut diyakini sebagai waktunya jiwa anak-anak muda bangkit.

Hari kematian ini jadi hari libur nasional yang dirayakan di negara-negara Amerika Latin, khususnya Meksiko. Pada hari tersebut, dipercaya orang-orang yang telah meninggal akan datang kembali mengunjungi orang-orang yang mereka cintai dan dirayakan pada 1 dan 2 November.

Dia de los muertos menjadikan hari kematian bukan lagi waktu untuk bersedih melainkan momen bahagia dan perayaan. Selama perayaan berlangsung, keluarga biasanya mengunjungi makam dan membawa ofrendas (persembahan) untuk almarhum, seperti bunga, lilin dan makanan.

Kegiatan dalam perayaan ini antara lain membersihkan makam dan menghiasinya, seperti meletakkan mainan di makam anak-anak, dan untuk makam orang dewasa bisa dihias dengan perhiasan, dan botol-botol minuman beralkohol.


Sementara itu di rumah-rumah, keluarga membuat altar dan menghormati orang yang telah meninggal dengan roti manis, makanan kesukaan almarhum, foto, marigold (bunga kematian), air tawar, pernak-pernik, dan gula berbentuk tengkorak (sugar skull).

Ada juga makanan yang disiapkan untuk menyambut orang yang sudah meninggal. Masyarakat setempat percaya bahwa orang yang sudah meninggal akan "memakan" persembahan tersebut.

Jenis makanannya antara lain gula-gula berbentuk tengkorak, labu permen, pan de muerto (roti kematian) yaitu roti telur manis, dan atole yang terbuat dari tepung jagung, kayu manis, kacang vanila, piloncillo (gula khas Meksiko), dan bubur buah pilihan.

Related Posts

Perayaan Hari Kematian 'Dia de Los Muertos' di Meksiko
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.