Sulawesi Selatan Kini Punya Kincir Angin Seperti di Belanda


Melancongyuk -  Wisata kincir angin yang paling popular berada di Belanda. Di sana Sahabat Sporto akan melihat deretan kincir angin yang berputar, karena benda ini juga menjadi salah satu fungsi tenaga untuk listrik dan air. Kini jika ingin melihatnya, bisa datang ke Sulawesi Selatan.

Pemerintah daerah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan mengubah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas 75 megawatt yang berada di wilayah perbukitan Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, menjadi destinasi wisata menarik.
Menariknya, Sidrap tersebut termasuk yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Proyek baru selesai pada Febriari lalu. Terdapat 25 kincir angin yang menancap di atas bukit. Sahabat Sporto juga sekaligus bisa melihat pemandangan menarik dari atas.

"Apalagi ini baru pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi seperti dikutip dari laman Halallifestyle.id.

Selain itu, dengan adanya kincir angin ini dapat menjadi destinasi wisata ikonik. Wisatawan juga bisa menyaksikan langsung ketika matahari terbit (sunrise). Tak lupa, Pemkab Sidrap juga menggandeng pengembang PLTB Sidrap, UPC Renewable. 

"Juga ada spot melihat sunrise dan sunset. Objek utama yang dijual adalah pemandangan, yang akan dibangun oleh investor dan dikelola Pemda bersama masyarakat desa," katanya.

Related Posts

Sulawesi Selatan Kini Punya Kincir Angin Seperti di Belanda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.