Keunikan Pulau Tasipi, Mulai Penduduk hingga Bentang Alamnya


Melancongyuk - Pulau Tasipi menjadi salah satu pulau di Indonesia yang luasnya tidak lebih dari tiga hektar. Di pulau ini traveler bisa merasakan pengalaman menjelajah yang unik dan tidak bisa didapatkan dari tempat mana pun.

Pulau yang masih berada di Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut termasuk dalam Kabupaten Muna, yang juga bertetanggaan dengan Pulau Muna. Mengunjungi Pulau Tasipi, traveler akan benar-benar merasakan nikmatnya berlibur tanpa gangguan pekerjaan atau media sosial. Pasalnya, di Pulau Tasipi para traveler akan sulit mendapatkan sinyal telepon atau internet.


Jangankan sinyal telepon atau internet, tiang listrik saja tidak akan para traveler lihat di pulau tersebut. Sementara, untuk tetap mendapatkan pasokan listrik dan menyalakan alat-alat elektronik, masyarakat memiliki generator pembangkit listrik berbahan bakar solar atau bensin sendiri dan beberapa rumah memiliki pembangkit listrik tenaga matahari.

Dengan luasnya yang tiga hektar saat keadaan surut terendah, Pulau Tasipi dihuni oleh 782 jiwa penduduknya, yang berdampingan dengan ratusan ekor kambing yang gemuk-gemuk, melansir dari laman Rare, Senin (19/3/2018). Selain itu, di Pulau Tasipi pun para traveler bisa melihat pemandangan pohon-pohon bakau, kelapa, papaya, pohon kelor, dan lainnya.


Jika berminat untuk mengunjungi dan berlibur di Pulau Tasipi yang memiliki air jernih, para traveler harus menyiapkan air minum sendiri, karena di pulau ini air tawar bersih untuk minum cukup sulit ditemukan, karena tidak ada sumber air tawaar bersih di pulau. Penduduk lokal hanya mendapatan air tawar dari hujan yang datangnya musiman atau berlayar terlebih dahulu ke Pulau Simuang dan harus merogoh kocek sekira Rp1.000 perjeriken isi 20 liter.

Selain kondisi alam, Pulau Tasipi juga memiliki penduduk yang kebiasaannya cukup unik, bahkan bisa dibilang berbeda dengan penduduk pulau lainnya. Bagaimana tidak, meskipun tidak ada pasokan listrik, penduduk di Pulau Tasipi kerap menyalakan musik dengan volume maksimal hingga terdengar sampai ke pulau tetangga. Tidak hanya satu penduduk, tapi beberapa penduduk melakukan hal serupa, sehingga ketika malam datang, Anda akan mendengar banyak musik dimainkan.

Related Posts

Keunikan Pulau Tasipi, Mulai Penduduk hingga Bentang Alamnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.