Janjang Koto Gadang, Tembok China ala Indonesia


Melancongyuk - Dunia mengenal Tembok Raksasa Cina sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Memiliki panjang 8,851 kilometer, Great Wall of China menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan berkunjung ke Negeri Tirai Bambu.

Kini, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Cina buat menikmati tembok raksasa. Lantaran, provinsi Sumatera Barat memiliki wisata serupa yang nggak kalah megahnya, Janjang Koto Gadang.

Terletak di Kota Bukittinggi, Janjang Koto Gadang menawarkan wisata tembok besar yang dikelilingi hutan dan tebing yang cukup curam. Nggak seperti Tembok Raksasa Cina, Janjang Koto Gadang memiliki panjang trek 1,5 kilometer saja.

Soal keindahan, panorama alam di sekitar Jajang Koto Gadang. masih sangat asri. Ditambah dengan udara sejuk khas Bukittinggi menambah sensasi liburan yang nggak terlupa bagi tiap wisatawan yang rela datang Janjang Koto Gadang.

Salah satunya Meryam Zahida. Karyawan swasta salah satu media di Jakarta ini sempat menjadi saksi keindahan Janjang Koto Gadang yang dikelilingi tebing terkenal, Ngarai Sianok.

“Salah satu tempat wisata yang punya kemiripan dengan Tembok Cina. Lumayan buat dikunjungi kalau belum kesampaian ke Tembok Cina. Pemandangannya bagus banget!” ujarnya.

PENDEK TAPI MENANTANG

Jika dibandingkan dengan panjang Great Wall of China, Janjang Koto Gadang sangatlah pendek. Tapi jangan sekali-kali meremehkan medan yang hadir di jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer ini, lho!


Fisik dan mental kamu harus dipersiapkan sebelum mengijakkan kaki Janjang Koto Gadang. Sepanjang trek trekking, terdapat ribuan anak tangga yang siap menguras dahaga.

Yang bikin menarik dari Janjang Koto Gadang adalah kamu bisa memilih akses yang lebih mudah. Jika kamu masuk dari pintu Goa Jepang, treknya mudah karena banyak didominasi turunan. Sedangkan, jika kamu melewati rute Ngarai Sianok, medannya cukup menantang, dengan banyak kelok dan trek sempit.

Tapi, tenang saja karena pengelola Janjang Koto Gadang sudah menyediakan beberapa titik buat kamu beristirahat sejenak. Sebotol air mineral ditambah dengan aliran angin semilir khas Bukittinggi dapat mengembalikan tenaga kamu, deh!

Untuk menikmati panorama Janjang Koto Gadang, kamu nggak dipungut biaya retribusi, kok. Cukup bayar saja fasilitas parkir jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Tertarik buat traveling ke Janjang Koto Gadang?

Related Posts

Janjang Koto Gadang, Tembok China ala Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.