Hashima Island, Pulau Berhantu di Jepang Dengan Sejarah yang Memilukan


Melancongyuk - Dulunya, pulau ini dihuni oleh puluhan ribu pria yang bekerja di tambang batu bara. Setidaknya, pulau Hashima dihuni sekitar satu abad, antara tahun 1887 hingga 1974. Pulau ini merupakan tempat penambangan batu bara yang menampung ribuan pekerja. Bahkan, dulu Hashima sempat menjadi lokasi padat penduduk, ada sekitar 5.259 penduduk yang mayoritas adalah pria.

Hashima Pada tahun 1890, perusahaan Mitsubishi membeli pulau yang memiliki luas sekitar 6,3 hektar itu untuk melakukan proyek batu bara di dasar laut. Pada tahun 1916, mereka bahkan membangun apartemen yang memiliki sembilan lantai di pulau tersebut untuk melindungi para pekerja dari angin topan.

Pada tahun 1974, proyek penambangan di pulau ini resmi ditutup dikarenakan batu bara yang tak lagi tersisa. Para penduduk pun mulai meninggalkan Pulau Hashima hingga akhirnya kosong tanpa penghuni. Meski telah jadi kota mati, pada tahun 2000, ketertarikan wisatawan pada pulau tersebut mulai muncul. Hingga 9 tahun kemudian, lokasi tersebut resmi dibuka untuk wisata, meski tak semua area di pulau tersebut boleh dikunjungi.

Mengenai kebenaran Isu Tentang Kerja Paksa, Jepang tidak mengelak atas tersebut. Bahkan pemerintah Jepang juga berkomitmen untuk membuat semacam information center yang menjelaskan tentang para pekerja paksa tersebut untuk menghormati mereka.

Diceritakan bahwa empat dari lima pekerja paksa tewas setiap bulannya di pulau tersebut akibat kecelakaan. Suh Jung-Woo, seorang mantan pekerja di Hashima mengemukakan hal ini saat wawancara tahun 1983. Tewasnya para pekerja menurutnya karena tidak ada prosedur keamanan yang baik. 

Sejak pulau tersebut ditinggalkan oleh penduduknya, memang semua bangunan dibiarkan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, bangunan yang ada di sana pun mulai runtuh, Banyak pengunjung yang mengaku jika mereka mendengar suara-suara misterius yang sulit dijelaskan. Meski demikian, tidak pernah ada bukti fisik tentang beragam misteri pulau ini.

Related Posts

Hashima Island, Pulau Berhantu di Jepang Dengan Sejarah yang Memilukan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.