Taman Mini Indonesia Indah Hadirkan Konsep Baru Mulai Tahun 2019


Melancongyuk - Kabar gembira, Direktur Penelitian Pengembangan dan Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Patu Supadma Rudana mengatakan, TMII akan menghadirkan konsep reborn atau pembangunan lima tahun (pelita) secara berkelanjuta mulai tahun 2019 mendatang. Konsep ini diharapkan mampu membangun dan memajukan kebudayaan Indonesia di mata dunia.

Putu menuturkan, konsep reborn ini merupakan semangat menjadikan TMII lahir kembali memberi inspirasi dalam menuju Indonesia Emas 2045.

“Kedepannya harapanya adalah (TMII) hadir kembali menjadi bagian utama dalam memajukan seni budaya, kebudayaan, dan penunjukan peradaban kita yang luar biasa. Dan akhirnya dicintai oleh berbagai dunia,” ujar Putu di Gedung BPP TMII, Jakarta Timur dilansir dari Republikas.com pada Selasa (5/6/2018).

Konsep tersebut diangkat karena sesuai dengan cita-cita pendiri TMII, Siti Hartinah atau Tien Soeharto yang merupakan istri dari Presiden ke-2 Indonesia.
“Semangat membangun TMII reborn dari 2019, dalam arti kita membangun rencana pembangunan lima tahun. Dari 2019 Kita sebut repelita, sehingga pelita satu, pelita dua, pelita tiga, pelita empat dan lima menuju Indonesia emas 2045 mendatang,” tambahnya.

Dalam menjalankan konsep tersebut, pemerintah dan pelaku bisnis dapat mendukung TMII dengan datang dan menyelenggarakan kegiatan di Taman Mini Indonesia Indah.

“Pemerintah bisa melakukan kegiatannya di Taman Mini, tidak perlu di hotel-hotel, karena TMII bisa menjadi ruang interaksi yang penting bagi ruang seni budaya kita. Anak-anak sekolah datang ke TMII untuk bisa berbagi inspirasinya,” katanya.


Nantinya TMII juga menampilkan berbagai hal yang berbau tradisional namun dikemas dengan zaman kekinian untuk menyasar kaum millenial guna memupuk rasa nasionalisme anak muda.

“TMII hadir ingin menampilkan hal-hal yang berbau tradisional, local wisdom atau kearifan lokal dari seni budaya nusantara, dan kuliner nusantara. Tapi harus dikemas dengan zaman kekinian. TMII tentu hadir kembali ingin meneguhkan seni budaya dengan kemasan era kekinian dan diminati oleh generasi milenial,” ujarnya.

Putu berharap, kemunculan konsep reborn ini, TMII mampu memberikan inspirasi terhadap negara lain. Sebab, Indonesia diunggulkan dengan keberagaman budayanya yang unik dan luar biasa.

“Kira-kira 27 tahun kemudian (menuju Indonesia Emas di 2045) sehingga TMII menjadi ikon utama meneguhkan kebudayaan dunia dan salah satunya kebudayaan Indonesia yang luar biasa menginspirasi bangsa-bangsa lain di dunia. Dan Indonesia sangat layak dan mampu untuk menjadi ikon utama itu,” pungkasnya.

Related Posts

Taman Mini Indonesia Indah Hadirkan Konsep Baru Mulai Tahun 2019
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.