Tempat Pembuangan Sampah Ini Jadi Tempat Wisata di Jepang

Melancongyuk - Jika pada umumnya tempat pembuangan sampah adalah tempat yang paling dihindari oleh banyak orang di Indonesia, lain lagi di Jepang. Negara yang serba canggih ini malah menyulap tempat pembuangan sampah mereka menjadi tempat wisata.

Masih berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah tapi didesain sedemikian rupa untuk wisata

Maishima Incineration Plant dari luar.
Maishima Incineration Plant adalah nama TPA di Osaka Jepang yang kini juga difungsikan untuk wisata. Bangunannya unik, bahkan banyak orang yang mengira TPA ini adalah bagian dari Universal Studio.

TPA ini memiliki tema ‘hidup selaras dengan alam’ dan dilengkapi dengan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Pengolahan sampahnya sangat canggih, bahkan tak mengeluarkan asap satupun karena telah melewati proses yang canggih.

Para wisatawan yang datang ke Maishima Incineration Plant biasanya akan diajak untuk mengenal lebih jauh bagaimana pengolahan sampah di Osaka Jepang yang ramah lingkungan.

Pengalaman wisata yang tak bisa dilupakan
 
Ruangan dalam Maishima Incineration Plant.
Saat memasuki Maishima Incineration Plant, wisatawan akan disambut dengan video penjelasan mengenai TPA ini di dalam ruangan meeting besar. Setelah itu wisatawan bisa melihat sampah-sampah dikumpulkan di dalam ruangan penampung raksasa ke tempat pembakaran mengggunakan crane.

Karena pengunjung tidak bisa melihat proses pembakaran, sebagai gantinya kita bisa melihat penjelasannya dengan gambar 3D dengan alur cerita seperti dalam komik. Setelah itu para pengunjung akan diajak untuk tebak-tebakan di Quiz Corner di Maishima Incineration Plant sehingga mampu menambah ketangkasan berpikir.

Pengunjung tak akan bosan karena di Maishima Incineration Plant punya taman indah
 
Taman Maishima Incineration Plant.
Selain berkeliling untuk melihat proses pengolahan sampah, para wisatawan juga bebas berkeliling Maishima Incineration Plant atau mengunjungi taman indah di luar bangunan yang dirancang oleh Hundertwasserhaus, seorang arsitek berkebangsaan Australia yang terkenal dengan bangunan ramah lingkungannya.

Tamannya sangat indah sehingga akan membuat para pengunjung betah. Bukan hanya itu saja, para wisatawan yang penasaran dengan ruang kendali TPA di Osaka ini juga bisa melihat secara langsung ruangan itu.

Related Posts

Tempat Pembuangan Sampah Ini Jadi Tempat Wisata di Jepang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.