Menikmati Keindahan Gunung Tumpa, Surga Cinta dari Utara


Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa Hein Victor Worang (HV. Worang) merupakan kawasan konservasi hutan lindung yang berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Wilayah konservasi hutan lindung yang berada di ketinggian sekira 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini selain memiliki pemandangan yang sangat indah juga merupakan tempat olahraga ekstrem paralayang.

Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekira satu jam dari pusat kota Manado ke arah Kecamatan Bunaken melewati jalan raya Bailang - Tongkeina dengan jarak tempuh sekira 12 kilometer. Menuju ke lokasi Hutan Raya Gunung Tumpa masih harus melewati jalan menanjak sekira 2 kilometer, namun jangan khawatir, jalannya sudah mulus beraspal.


Sebelum masuk ke lokasi hutan lindung, melapor dulu ke pos jaga, menuliskan nama di buku tamu sambil menyumbang ala kadarnya.

Masuk ke Tahura kita akan melewati spot-spot menarik selain hutan raya juga hamparan luas laut Sulawesi serta pulau-pulau yang sudah sangat terkenal sampai di mancanegara, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Nain, dan Pulau Lihaga terlihat sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

"Sangat indah, tak heran pemerintah menyebutnya sebagai surga cinta dari utara, pemandangannya tiada tara," ujar Frangky, salah satu pengunjung asal Manado, Senin (1/1/2018).


Di dalam juga terdapat taman HV. Worang yang merupakan Gubernur Sulut ke 5 periode 1967-1978 dan juga Wali Kota Manado ke 13 dengan masa jabatan 31 Jamuari 1975 - 23 Agustus 1975. Di dalam taman terdapat patung HV Worang dan lukisan di dinding yang menggambarkan perjuangan HV Worrang.


Related Posts

Menikmati Keindahan Gunung Tumpa, Surga Cinta dari Utara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.