Rumah Kaki Seribu, Keunikan Tempat Tinggal Suku Arfak


Suku Arfak yang bermukim di wilayah Papua Barat mempunya rumah tradisional yang cukup unik. Rumah tersebut dikenal sebagai Rumah Kaki Seribu.

Mengapa disebut demikian? Karena rumah ini memiliki seribu ‘kaki’. Ya, kaki atau tiang penyangga di rumah panggung ini ada banyak bahkan disebut ribuan, sehingga mirip dengan kaki seribu. Keunikkan inilah yang menyebabkan rumah ini disebut Rumah Kaki Seribu.

Dari bentuknya, rumah ini tak jauh berbeda dengan rumah panggung lainnya. Dindingnya cukup unik, karena terbuat dari susunan batang kayu yang secara vertikal dan horizontal dijalin dan diikat. Sementara atapnya terbuat dari rumput ilalang dan lantainya dari anyaman rotan.

Rumah yang dalam bahasa setempat disebut Mod Aki Aksa atau Igkojei ini cukup besar untuk ditinggali satu keluarga. Uniknya lagi, hanya ada dua pintu yang dibangun dalam rumah ini. Hal ini bukan tanpa maksud. Demi menghindari anggota keluarga dari serangan hewan buas di sekitar rumah, makanya Rumah Kaki Seribu ini dibuat tinggi dan hanya memiliki dua pintu.

Selain itu, kehidupan masyarakat yang masih sering bertikai menjadi alasan lain bentuk Rumah Kaki Seribu dibuat seperti itu. Rumah khas Suku Arfak kini sudah jarang ditemui, kalau pun ada, letaknya pasti di pedalaman Papua Barat, terutama di sekitaran Pegunungan Arfak.

Related Posts

Rumah Kaki Seribu, Keunikan Tempat Tinggal Suku Arfak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.