Indahnya Air Terjun Saluopa yang Mengalir ke 12 Tingkatan


Pemandangan air terjun selalu menarik untuk dikunjungi. Derasnya suara air yang jatuh dari tebing atau bebatuan, membuat lokasi air terjun jadi wisata alam yang paling sering didatangi.

Di Tonusu, Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, terdapat air terjun yang sangat indah. Namanya Air Terjun Saluopa. Air terjun ini bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung setinggi 25 m.

Air Terjun Saluopa punya 12 tingkatan bebatuan yang mengalir deras hingga akhirnya berakhir ke sungai di Desa Leboni. Oleh karena itu, tempat ini disebut juga sebagai Air Luncur Saluopa. Bebatuan di setiap tingkatan ini biasanya dinaiki pengunjung untuk sekadar berfoto atau merasakan sejuknya air terjun.

Banyak pengunjung yang menyebut Air Terjun Saluopa adalah air terjun paling indah di Indonesia. Karena derasnya air yang mengalir saat melewati bebatuan, selain itu, pemandangan hutan sekitar air terjun yang memukau.

Jika Sahabat Sporto beruntung, saat berfoto dengan background air terjun ini, akan ada pelangi yang menghiasinya. Jadi buat fotonya semakin cantik!

Air terjun ini terletak di sebelah barat Kota Tentena. Untuk mencapai ke lokasi, Sahabat Sporto bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, itu hanya mencapai lahan yang bisa dilalui kendaraan. Sampai ke lokasi air terjun, Sahabat Sporto harus jalan sekitar 500 m.

Foto: zulrafliaditya.wordpress

Related Posts

Indahnya Air Terjun Saluopa yang Mengalir ke 12 Tingkatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.