Kisah "Penemuan" Antartika 106 Tahun Silam

 
Sudah sejak tahun 1513 peta bumi memasukkan benua yang terlihat seperti Antartika, meskipun belum ada orang pada masa itu yang pernah mencapai Antartika. Berselang ratusan tahun kemudian, seorang Norwegia bernama Roald Amundsen berhasil membuktkan kebenaran peta tersebut. Ekspedisi pimpinan Roald Amundsen adalah yang pertama mencapai Kutub Selatan pada tanggal 14 Desember 1911.

Amundsen lahir pada 16 Juli 1872 dan wafat pada 18 Juni 1928. Ia dilahirkan dalam sebuah keluarga pemilik kapal dan kapten-kapten kapal. Terinspirasi oleh penyeberangan Greenland yang dilakukan Fridtjof Nansen pada 1888, dia memutuskan untuk menjalani hidup menjelajahi dunia.

Sebenarnya pada tahun 1911, tak hanya Amundsen yang ingin mencapai Antartika melainkan ada sebuah ekspedisi lain dengan tujuan yang sama. Namun mereka tiba sekitar satu bulan setelah Amundsen mendirikan tenda. Kabarnya, saat ini tenda yang didirikan Amundsen itu berada 1,8-2,5 kilometer dari Kutub Selatan dan tertimbun sedalam 17 meter dari permukaan tanah.

Mengutip amazine.co, Inggris mengirimkan Ekspedisi Nasional Antartika yang dipimpin oleh Robert Falcon Scott. Robert Falcon Scott (Inggris) dan Roald Amundsen (Norwegia) masing-masing berlayar dengan kapal mereka yaitu Terra Nova dan Fram, dalam upaya untuk menjadi yang pertama menginjakkan kaki ke kutub selatan.

Robert Scott mencapai Kutub Selatan sekitar sebulan kemudian, tetapi terdapat lima orang anggota ekspedisi yang tewas saat perjalanan pulang melewati Ross Ice Shelf. Sebuah stasiun di kutub selatan dinamai dengan Scott-Admundsen South Pole Station untuk menghormati kedua orang tersebut.


Related Posts

Kisah "Penemuan" Antartika 106 Tahun Silam
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.