Goa Gong, Goa Terindah Se Asia Tenggara

 

Sesuai julukannya sebagai kota 1001 goa, Pacitan, Jawa Timur, punya begitu banyak goa yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata. Goa itu terbentuk lantaran Pacitan memiliki topografi pegunungan  karst atau kapur.

Juli lalu, kami mengunjungi Goa Gong yang diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Goa ini  terletak  di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo Kota Pacitan, Jawa Timur. Empat puluh kilometer dari pusat kota atau empat puluh lima menit perjalanan dengan mobil.

Karena membawa kendaraan pribadi, kami wajib  parkir di tempat yang disediakan. Perjalanan berlanjut dengan jalan kaki atau naik ojek menuju loket. Setelah sampai di loket dan membeli tiket, kami pun langsung menaiki puluhan anak tangga dan melintasi jembatan untuk mencapai mulut Goa Gong.

Sesampai di mulut goa, kami berjumpa dengan warga lokal yang menawarkan senter dan jasa pemandu. Kami sarankan, Anda menyewa senter sebagai alat penerangan di dalam goa yang tarifnya lima ribu rupiah. Jika perlu, Anda sewa juga jasa pemandu untuk tahu persis penjelasan detail tentang goa. Tidak ada harga yang di patok untuk jasa pemandu ini, sukarela saja.

Saat memasuki pintu goa kami disambut kilauan lampu sorot warna-warni yang menambah keindah  goa. Ini masih ditambah dengan tetesan air dari langit-langit goa yang menandakan stalaktit masih hidup.

Goa Gong yang ditemukan pada 1995 oleh warga setempat,  memiliki kedalaman 300 meter. Stalaktit dan stalagmit goa bak ornamen alam yang menghias hingga dasar.

Di Goa Gong, daya tarik lain yang bisa kita jumpai adalah ruang kristal. Begitu juga dengan pilar-pilar yang terbentuk sebagai hasil penyatuan stalaktit dan stalagmit. Goa  ini dinamakan  Goa Gong karena beberapa stalaktit dan stalagmit yang menimbulkan bunyi mirip gong ketika dipukul.

Ada cerita lain yang dipercaya masyarakat setempat soal Goa Gong ini. Sebelum Goa Gong dibuka untuk umum,  beberapa tahun lalu, warga sering mendengar alunan gamelan yang berasal dari goa ini. Goa dengan kedalaman tiga ratus meter ini  memiliki tujuh  ruang dan empat sendang (kolam mata air).

Nah jika traveler berniat mengunjungi kota kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhooyono ini, jangan lupa sempatkan diri mengunjungi  Goa Gong. Dijamin, liburan Anda makin penuh warna.

Related Posts

Goa Gong, Goa Terindah Se Asia Tenggara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.