Little Mermaid, Daya Tarik Wisata Kopenhagen


Melancongyuk - Bertandang ke Kopenhagen tentunya tidak akan lengkap tanpa mengunjungi sejumlah obyek wisata yang dimilikinya. Diantara sejumlah obyek wisata Kopenhagen adalah Little Mermaid yang menjadi ikon kota tersebut. Little Mermaid adalah sesosok patung perempuan tanpa busana yang terlihat sedang memandang ke arah pelabuhan Kopenhagen. Patung yang berada di atas sebuah batu di Langelinie, Kopenhagen, Denmark memiliki dimensi tinggi 1,25 meter dan berat 175 kilogram. 

Little Mermaid dibuat pada 1909 oleh pemahat Edvard Eriksen dan dipersembahkan sebagai hadiah untuk kota Kopenhagen dari pembuat bir Denmark, Carl Jacobsen, putra pendiri perusahaan bir Denmark: Carlsberg.

Patung ini terbuat dari campuran perunggu dan granit serta terinspirasi dari seorang balerina teater Kerajaan Denmark, Ellen Price yang menjadi model patung tersebut juga oleh dongeng Hans Christian Andersen tentang putri duyung yang menyerahkan segalanya untuk dapat dipersatukan dengan pangeran muda tampan di darat. 

Patung yang menjadi ikon kota Kopenhagen sejak diresmikan pada 23 Agustus 1913 telah menjadi daya tarik wisata utama. Namun dalam beberapa dekade terakhir ini telah menjadi target populer vandalisme oleh pengacau dan aktivis politik. 

Tidak terhitung sudah berapa banyak tindak perusakan dengan berbagai alasan telah dilakukan terhadap patung tersebut, antara lain: memenggal kepala patung, menggergaji lengan, melempar patung dari lokasinya menggunakan bahan peledak, bahkan mengenakan pakaian muslim pada patung tersebut. Ada suatu kisah ketika kepala patung tersebut dipenggal sebagai aksi protes pendukung tim nasional kesebelasan sebuah negara di Eropa yang mengalami kekalahan dari tim nasional Denmark.

Little Mermaid adalah salah satu patung ikonik yang melambangkan kota-kota besar antara lain: Manneken Pis di Brussels, Patung Liberty di New York dan Merlion di Singapura. (Kumparan)

Related Posts

Little Mermaid, Daya Tarik Wisata Kopenhagen
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.