Di Tajikistan, Makanan Ini Dianggap Perwujudan Gigi Rasul


Melancongyuk - Tajikistan mungkin bukan negara populer sebagai tujuan wisata. Tapi jangan salah, negara terpencil di wilayah Asia Tengah ini ternyata punya banyak hal menarik yang bisa dieksplor oleh para wisatawan lho. Salah satunya, keunikan kuliner.

Nah, masyarakat Tajikistan punya satu makanan yang mereka anggap berharga. Namanya Oshi Palav. Menu makanan ini biasanya mereka santap dalam acara kumpul-kumpul keluarga dan teman atau bahkan saat sedang berdiskusi serius memecahkan masalah.

Oshi Palav memang punya keistimewaan tersendiri di mata orang Tajikistan. Bahkan mereka percaya bahan utama dari makanan ini adalah perwujudan dari gigi Rasulullah Muhammad SAW.

Oshi Palav terbuat dari nasi yang dicampur beragam sayuran dan potongan daging. Biasanya, orang Tajikistan memasak Oshi Palav dalam porsi besar. Sekali masak, setidaknya bisa dimakan 100 orang.

Meski diperlukan waktu berjam-jam untuk memasaknya, Oshi Palav tetap jadi menu kebanggaan yang wajib disuguhkan orang Tajikistan dalam setiap acara spesial. Ada satu lagi keistimewaan di balik menu makanan satu ini.

Oshi Palav punya sejarah hebat sebagai makanan yang mengakhiri perang. Pada tahun 1995, setelah Tajikistan mengalami perang sipil yang menewaskan 100.000 orang. Kedua belah pihak yang bertikai akhirnya duduk bersama untuk makan Oshi Palav hingga akhirnya berdiskusi. Dan setelah dua tahun, mereka berdamai. Karena sejarah inilah Oshi Palav juga dijuluki " Palav of Peace". (Misteraladin)

Related Posts

Di Tajikistan, Makanan Ini Dianggap Perwujudan Gigi Rasul
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.